Kamis, 13 Desember 2012

Pembangunan Masyarakat Pedesaan


Tujuan utama pembangunan masyarakat di pedesaan

Disadari  bahwa pembangunan pedesaan telah banyak dilakukan sejak dari dahulu hingga sekarang, tetapi hasilnya belum memuaskan tehadap peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Pembangunan pedesaan seharusnya dilihat bukan hanya sebagai obyek tetapi juga sebagai subyek pembangunan. Pembangunan pedesaan bersifat multi aspek oleh karena itu perlu di analisis/secara lebih terarah dan serba keterkaitan dengan bidang sektor, dan aspek di luar pedesaan (fisik dan non fisik, ekonomi dan non ekonomi, sosbud dan non spasial).
                        Tujuan utama dari pembangunan masyarakat di pedesaan adalah :
·         Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berpotensi sehingga mampu untuk mengolah setiap Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di daerah tersebut. 
·         Agar setiap anggota masyarakat di pedesaan ikut berperan aktif dan ikut serta dalam setiap pembangunan yang berkesinambungan di pedesaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing.
·         Untuk mengubah (mentransformasikan) struktur kegiatan sosial, ekonomi, teknologi, dan kelembagaan yang semula bercorak subsisten, tradisional, dan agraris menuju strktur ekononomi yang bercorak perkotaan, modern, dan industri.
·         Untuk mengembangkan suatu kehidupan ekonomi, politik, budaya, yang semakin rasional, sehingga antara kota dan desa terjalin suatu hubungan yang timbal balik yang harmonis serta mampu memberikan surplus (keuntungan) secara finansial bagi pertumbuhan masyarakat.


:
Komponen-komponen fungsional pada sistem pertanian dalam pembangunan pertanian

·         Komponen Penyuluhan pertanian
Komponen penyuluhan pertanian merupakan salah satu komponen fungsional dalam pembangunan pertanian. Penyuluhan pertanian pada hal ini berfunsi untuk membantu para petani  melalui informasi serta yang diberikan oleh penyuluh pertanian . Dalam hal ini, penyuluh juga memberikan pendidikan melalui pendidikan nonformal dengan tujuan menerapkan serta mencapai 3 tujuan utama penyuluhan yaitu good living (kesejahteraan petani), good farming (pertanian yang baik) serta good business (usahatani yang baik)
·         Komponen masyarakat.
Komponen masyarakat merupakan komponen yang sangat utama dalam pembangunan pertanian ini, karena masyarakat merupakan penggerak ataupun pelaku dari semua program ataupun kegiatan yang telah direncanakan dalam pembangunan pertanian. Masyarakat saling bekerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan pertanian tersebut dalam pencapaian tujuan pembangunan yang mampu mensejahterakan masyarakat dan keberhasilan pembangunan pertanian.
·         Komponen sarana dan prasarana
Komponen sarana dan prasarana merupakan komponen yang dapat membantu kegiatan pembangunan pertanian. Sarana dan prasarana dalam pembangunan pertanian akan mempermudah dan mempercepat setiap kegiatan pembangunan pertanian. Sarana dan prasarana yang berupa alat dan mesin yang mendukung kegiatan pertanian agar dapat bekerja dan berproduksi dengan optimal dengan waktu yang edfektif dan efesien.
·         Komponen produksi
Komponen Produksi yakni komponen yang terkait dalam bidang produksi sebagai penunjang utama dalam kegiatan pertanian yang melibatkan makhluk hidup dalam satu atau beberapa tahapnya dan memerlukan ruang untuk kegiatan itu serta jangka waktu tertentu dalam proses produksi.. Agar proses pemanfaatan tersebut dapat terjadi secara efektif dan efisien, maka sebaiknya produksi pertanian berada dalam suatu kawasan. Pada kawasan tersebut sebaiknya terdapat sektor produksi tanaman, peternakan maupun perikanan. terpadu adalah petani akan memiiki beragam sumber penghasilan.
·         Komponen peraturan
Komponen peraturan yakni salah satu komponen fungsional yang sangat mendukung dalam hal kegiatan pertanian agar dapat berjalan sesuai dengan koridor yang telah di tetapkan supaya nantinya dapat mempermudah para petani dalam kegiatan pertanian nya , supaya tidak melanggar peraturan pemerintah dan dat istiadat.
·         Komponen penelitian
Komponen penelitian merupakan komponen fungsional yang sangat mendukung dalam hal kemajuan pembangunan pertanian , Karena dalam hal pembangunan pertanian sangat di butruhkan suatu inovasi yang baru dalam bidang pertanian yang di teliti dan di temukan dengan jalan penelitaian yang sangt mendukung pembangunan dalm bidang pertanian .



Cara Untuk  mempertahankan keunggulan komparatif dari produk pertanian

            Yang diperlukan dalam mempertahankan keunggulan komparatif dari produk pertanian adalah:
·         Adanya teknologi
Teknologi sangat membantu kita dalam mempertahankan keunggulan komparatif dari produk pertanian. Meningkatkan produksi pertanian diakibatkan oleh pemakaian cara-cara atau teknik-teknik baru di dalam usahatani. Dengan adanya teknologi maka terjadi perubahan perilaku ataupun tatacara produksi suatu produk pertanian sehingga kita mampu untuk tetapa menjaga keunggulan dan bahkan dapat memajukan produk pertanian yang ada. Teknologi yang semakin maju akan mampu membantu kita dalam memproduksi hasil-hasil pertanian yang ada dalam waktu yang efesien dan efektif sehingga mampu untuk memenuhi permintaan pasar.
·         Adanya pasar
Pasar yang menjadi tempat yang mampu mempertemukan pembeli dan penjual. Semua hasil ataupun produk pertanian yang dihasilkan oleh paraprodusen akan dipromosikan di pasar, dengan mempertimbangkan keuntungannya. Dengan adanya pasar ini, para pembeli akan mengetahui dimana harus mencari produk pertanian yang akan merteka beli. Melalui pasar ini kita akan mampu untuk mengetahui bagaimana permintaan pasar, dan dari sini kita tahu bagaimana minat pembeli terhadapa produk kita, dan melalui ini kita dapat mengetahui keunggulan produk kita dan berusaha untuk mempertahankannya.
·         Tersedianya Sarana dan Prasarana
Tersedianya Sarana dan Prasarana akan membantu kita dalam memproduksi produk pertanian. Sarana dan prasarana yang ada mempercepat proses produksi pertanian dengan waktu yang efektif dan efisien dan mampu menghasilkan produksi yang optimal dan mampu memenuhi permintaan dari masyarakat
·         Adanya perangsang produksi pertanian
Teknologi yang telah maju, pasar, dan tersedianya bahan-bahan dan alat-alat produksi, memberikan peluang dan kesempatan kepada para petani dan pelaku agribisnis  untuk meningkatkan produksi,. Faktor perangsang utama yang membuat petani berusaha keras  untuk meningkatkan produksinya adalah bersifat ekonomis. Faktor perangsang tersebut adalah harga hasil produksi pertaserta tersedianya barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Cara yang dilakukan agar paket teknologi dapat diserap oleh masyarakat

·         Pertama kita harus mengetahui apa yang menjadi permasalahan di daerah tersebut melalui penelitian yang ada, sehingga kita bisa mengadopsi dan menerapkan mana teknologi yang tepat digunakan untuk membantu masyarakat dalam pemecahan masalah yang sedang dihadapi 
·         Selanjutnya, setelah kita tahu teknologi yang tepat maka kita menyebarluaskan teknologi yang ada melalui penyuluhan ataupun pemberian informasi kepada para masyarakat dengan bantuan lembaga-lembaga pertanian yang ada di daerah tersebut. Kita bisa menggunakan demonstrasi ataupun metode temu lapang di daerah tersebut.
·         Selain itu, kita juga dapat meperkenalkan teknologi dengan cara mempraktikan ataupuun langsung terjun langsung menggunakan teknologi yang ada di depan masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara pemakaiannya dan apa saja khasiat ataupun manfaat yang diterima jika menggunakan teknologi yang diperkenalkan.
·         Setelah itu, kita bisa menganalisa dan mengumpulkan informasi yang ada melalui survey kepada masyarakat sebagai gambaran apakah teknologi tersebut diterima dan dire3spon oleh masyarakat setempat.


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Telah Mengunjung Blog Ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More